Monday 17 February 2014 Post By: Unknown

CARA MEMBUAT BUNGA DARI PLASTIK BEKAS

Ide membuat bunga plastik pertama kali muncul saat melihat bunga plastik di suatu tempat yang pernah saya kunjungi. Saya terinspirasi dengan  bunga-bunga yang menurut saya tidak tampak seperti bunga dari plastik tapi seperti bunga asli . Selain indah bunga ini juga mempunyai kelebihan yaitu tahan lama dan lebih mudah untuk dibersihkan. Bahan plastik pun sangat mudah untuk didapatkan, misalnya bekas kantong belanja atau kalau dibeli secara langsung pun harganya relatif murah. Saya pun mencari ide untuk membuat bunga dari plastik dengan model lain dengan mencari di mbah google digabung dengan hasil imajinasi.  Akhirnya, terciptalah beberapa bunga plastik hasil karya saya. di bawah ini merupakan salah satu hasil karya saya. dan pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara untuk membuat membuat bunga plastik di atas.


Untuk membuat bunga tersebut bahan dan alat yang kita butuhkan adalah:
  • Plastik kresek warna hijau, ungu dan putih (plastik harus yang agak tebal)
  • Gunting
  • Kawat untuk batang
  • Lem daun untuk dilapisi di kawat (bisa juga dengan menggunakan plastik kresek warna hijau)
  • Lem lilin
  • Lilin


Sekarang kita masuk ke langkah pembuatan:
(langkah pembuatan bisa dilihat dalam gambar, dari kiri ke kanan ya teman-teman), 

  1. Pertama sekali kita akan membuat daun, Gunting plastik kresek warna hijau dengan ukuran 4x4
  2. Lipat menjadi dua bagian
  3. Lipat kembali 
  4. Gunting hingga seperti gambar
  5. Bakar sisi-sisinya dengan lilin
  6. Untuk membuat bunga, ambil plastik kresek warna ungu dan putih sesuai ukuran yang anda inginkan. Bunga yang saya buat makin ke atas makin kecil. jadi, saya membuat ukuran plastik mulai dari yang besar hingga yang kecil
  7. Cara menggunting hampir sama dengan membuat daun tersebut tetapi guntingannya lebih lebar agar tampak seperti bunga
  8. Kembali bakar sisi-sisinya dengan lilin agar bunga tersebut kuat
  9. Setelah daun dan bunganya siap, tempelkan bunga ke daun dengan lem lilin
  10. Susun di batang yang telah jadi
Demikian cara pembuatan bunga dari plastik kresek. Ini merupakan hasil kreasi saya. Teman-teman pasti punya kreasi yang lebih keren lagi. Jadi, jangan takut untuk berkreasi dan berimajinasi. Karena dengan berimajinasi  kita akan bisa berkarya sebebas-bebasnya. di bawah ini merupakan bunga hasil kreasi saya lainnya. mungkin juga bisa menambah inspirasi bagi teman-teman sekalian. selain menambah kreativitas kita juga turut mengurangi global warming di muka bumi.



Semoga bermanfaat…….!!!!




  1. terima kasih atas ilmu nya ya , insya Allah saya mau coba

Powered by Blogger.

Copyright Reserved Cara-bijak 2010.
Design by: Bingo | Blogger Templates by Blogger Template Place | supported by One-4-All